CARA MENGETAHUI JUMLAH SLOT RAM

CARA MENGETAHUI JUMLAH SLOT RAM
Cara pertama kita bisa menggunakan cara klasik,yaitu dengan membuka casing pada laptop / PC.
Cara kedua kita bisa menggunakan softwere CPU-Z.
Softwere ini berbentuk portable,jadi tinggal jalankan saja tanpa perlu diinstal terlebih dahulu.

 

Link Download CPU-Z
CPU-Z Portable 

Cara mengetahui jumlah slot RAM menggunakan CPU-Z :
  • Jalankan CPU-Z (pilih yang sesuai dengan Bit komputer)
  • Pilih SPD pada tab
  • Di memory slot lihat ada berapa slot yang aktif

1.Pengertian RAM (Random Access Memory)
adalah istilah yang merujuk pada sebuah media penyimpanan data yang bersifat sementara pada sebuah komputer. Setiap data yang sedang diproses oleh processor akan disimpan di dalam sebuah memory. Data yang tersimpan dalam memori fisik hanya bersifat sementara, setelah komputer dimatikan entah dengan cara apapun, maka semua data yang tersimpan pada memory akan hilang.

Lalu dengan menggunakan kapasitas yang lebih besar, apakah pasti akan meningkatkan kinerja komputer sobat? Jawabannya adalah iya. Namun sebenarnya bukan kapasitas yang lebih besar yang akan meningkatkan kinerja komputer, melainkan kecepatan memory itu sendiri.

Jika sebuah memori bertuliskan 1GB DDR2 800 PC 6400 apa artinya? Angka 1GB menunjukkan besarnya data yang bisa ditampung untuk sementara waktu dalam RAM yang akan dieksekusi oleh processor. Satuan umum yang digunakan untuk kapasitas memory adalah Byte. Jadi semakin besar angka Byte yang digunakan RAM maka semakin besar pula data yang dapat ditampung.

Apa arti DDR2 800 dan PC6400 diatas? Adapaun memory DDR2 800 maksudnya adalah memory tersebut menggunakan clock sebesar 800 Mhz dan tulisan PC 6400 pada memory berarti bandwith memory tersebut adalah sebesar 6400 Kb/s.

Jadi kalau bisa saya simpulkan, kapasitas memory tidak memiliki andil secara langsung mengenai kecepatan komputer, tapi kecepatan  memory itu sendiri lah yang mempengaruhinya.

2. Pengertian Memory Dual Channel

Dual Channel (Dual = dua, channel = kanal, saluran) merupakan salah satu prinsip kerja memory. Dual channel itu sendiri merupakan teknologi baru yang dimiliki oleh Motherboard, bukan memorinya yang memiliki teknologi dual channel sob, jadi jangan salah sangka. Prinsip ini membutuhkan 2 (Dua) Memory Modul (2 Keping memory) yang sama dan identik, serta kemampuan Mainboard dan Chipset harus mendukung penggunaan Dual Channel. Prinsip ini mampu mempercepat kinerja memory dibanding Single Channel.Nah, sekarang pasti sobat sudah paham kan, mana yang lebih bagus. Lalu apa syarat utama untuk menggunakan dual channel memory. Untuk menggunakannya motherboard sobat wajib mendukung feature dari teknologi dual channel tersebut.Untuk memory yang digunakan, sobat punya 2 pilihan. Pilihan pertama sobat bisa memilih kit memory dual channel yang memang sudah disediakan oleh vendornya berupa 1 pasang berisi 2 keping memory dengan spesifikasi yang sama persis (identik), bahkan terkadang kode serialnya pun berurutan, jadi sobat sudah tidak perlu ragu lagi karena kedua memory tersebut sudah dijamin sama persis dan identik. Pilihan kedua, sebagai alternatif jika sobat sudah memiliki 1 memory dan ingin menambah, sobat bisa membeli 2 buah keping memory secara terpisah, dengan spesifikasi yang sama persis (identik). Disarankan untuk membeli dengan merek yang sama, karena biasanya setiap merek memiliki type dan kualitas IC yang berbeda.Maksud dari spesifikasi yang sama, bukan berarti hanya ukurannya saja ya sob, tapi clock speednya dan bandwithnya pun juga harus sama persis.Jika spesifikasinya berbeda, memang benar kapasitas memory kita akan bertambah, dan kinerjanya pun juga pasti berbeda. Namun yang harus digaris bawahi adalah, ketika komputer sobat melakukan proses yang berat, maka akan sering terjadi crash, dan yang paling penting, jika spesifikasinnya berbeda maka fitur dual channel tidak akan bisa aktif.Semoga Brmanfaat

Comments

  1. Maksud dari spesifikasi yang sama, bukan berarti hanya ukurannya saja ya sob, tapi clock speednya dan bandwithnya pun juga harus sama persis.

    tanya gan...caara untuk mengetahui clock speed dan bandwithnya bagaimana?

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar yang mengandung SARA dan Provokasi akan kami hapus

Popular posts from this blog

Download Nitro Pro 10

DOWNLOAD WINRAR TERBARU + KEYGEN

CARA SETTING BLANGKO UNDANGAN